Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sudah Setahun Ini Longboat tak Lagi Layani Rute Kuala Pembuang-Sembuluh

  • Oleh Parnen
  • 31 Januari 2017 - 13:48 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Sudah setahun terakhir ini, pemilik usaha jasa angkutan sungai jenis longboat tak lagi mengoperasikan rute pengantaran penumpang dari Kuala Pembuang, Kecamatan Seruyan Hilir-Desa Sembuluh, Kecamatan Danau Sembuluh (sebaliknya). Berhentinya operasional angkutan air itu, karena sepi penumpang, sehingga tidak bisa menutupi biaya yang dikeluarkan.

"Sudah satu tahunan ini kita tak lagi ada mengantar penumpang ke Sembuluh. Bukannya kami yang tidak mau, tapi karena peminat atau calon penumpangnya hampir sama sekali tidak ada," kata Aan, pemilik usaha angkutan longboat di Kuala Pembuang kepada Borneonews, di lokasi pelabuhan bongkar muat Kuala Pembuang ketika tengah menunggu penumpang, Selasa (31/1/2017).

Aan menjelaskan, saat ini jumlah penumpang sangat jauh berbeda, apalagi jika dibandingkan saat angkutan sungai ini menjadi andalan warga desa dan kecamatan untuk pulang pergi melalui jalur sungai Seruyan. "Sekarang tiap hari penumpang yang diantar cuma beberapa orang." 

Meski usaha longboat yang telah digelutinya sejak beberapa tahun lamanya itu, sepi penumpang, Aan belum berpikir untuk putar haluan usaha baru. Ia mengaku masih bertahan, apalagi karena tidak mudah mencari usaha baru, yang bisa ditekuni, dan memberikan hasil menggembirakan. "Kita sabar aja, namanya juga kerjaan." (PARNEN/N).

Berita Terbaru