Golongan A dan O sempat Habis, Kini Stok Darah di PMI Kotim Aman

  • Oleh Rian Nafarin Luffi
  • 05 Februari 2017 - 15:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menyatakan, stok darah awal bulan ini aman, meskipun beberapa hari lalu golongan darah A dan O sempat habis. Sedangkan golongan darah yang sulit dicari adalah AB.

"A sama O sebelumnya sempat habis tiga hari lalu, tapi sekarang sudah terpenuhi. Kalau sudah kehabisan ya kami usahakan cari pendonor," ucap Humas Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kotim Seniwantoko, Minggu (5/2/2017).

Iwan, sapaan Seniwantoko menyebutkan, dalam mengumpulkan darah, yang paling sulit dicari adalah golongan darah AB. Sementara hingga saat ini, yang paling banyak persediaannya adalah golongan darah B.

Untuk menghidari kehabisan stok darah, pihak PMI gencar selalu melaksanakan kegiatan donor darah. Bahkan,  pihaknya saat ini telah mengagendakan kegiatan donor darah pada beberapa perusahaan perkebunan selama awal tahun ini.

"Kita jadwalkan ke perusahaan-perusahaan sawit melakukan kegiatan donor darah, biasanya disana lumayan orang yang mendonor. Ini untuk mengantisipasi stok darah di Kotim habis," tutupnya. (RIAN NAFARIN LUFFI/B-5)

Berita Terbaru