Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Keluhkan Mahalnya Harga Kayu Olahan di Kasongan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 Februari 2017 - 22:41 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Harga kayu olahan di sejumlah galangan (lapak penjual kayu-red) di Kasongan, Kabupaten Katingan tergolong mahal. Mahalnya kayu olahan di beberapa galangan di Kasongan ini dikeluhkan sejumlah warga, terutama yang ingin membangun, baik gubuk, rumah maupun bangunan untuk sarang burung walet.

Padahal di sekeliling Kota Kasongan masih berupa hutan belantara dan banyak sekali kayu log diameter besar yang bisa dijadikan kayu olahan untuk bahan bangunan.

Selain itu, ada sekitar 12 pemegang hak pengusahaan hutan (HPH) di wilayah itu. Namun demikian harga kayu olahan tetap tinggi. "Harga papan tipis sekarang mahal sudah dijual Rp20 ribu per kepingnya, sedangkan papan tebal dijual Rp35 ribu sampai Rp50 ribu per keping tergantung jenis kayunya," keluh Yayan, warga Jalan Soekarno-Hatta yang baru memulai membangun sarang burung walet, Minggu (12/2/2017).

Yayan mengaku heran dengan mahalnya kayu olahan itu. Pasalnya di Kasongan dan sekitarnya sejauh ini cukup banyak kayu log ukuran sedang hingga besar yang bisa dijadikan kayu olehan tersebut. (ABDUL GOFUR/B-8).

Berita Terbaru