Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sukamara Siap Deklarasi 11 Desa ODF

  • Oleh Norhasanah
  • 11 Mei 2017 - 13:38 WIB

BORNEONEWS, Sukamara -Sebanyak 11 desa di Kabupaten Sukamara tidak lagi buang air besar (BAB) sembarangan. "Untuk saat ini wilayah kita 30 persen sudah ODF (Open Defecation Free), atau sekitar 11 desa sudah tidak lagi BAB sembarang." kata Kepala Dinas Kesehatan Sukamara Ahmad Lamsidi, Kamis (11/5/2017).

Untuk itu, Dinkes akan menggelar deklarasi bagi desa di Kabupaten Sukamara sudah ODF atau bebas dari prilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Lanjut Lamsidi, 11 desa yang dinyatakan ODF adalah Desa Sungai Bundung, Desa Sei Raja, Desa Sei Tabuk, Desa Pudu, Desa Natai Sedawak, Desa Sekuningan Baru, Desa Bukit Sungkai, Desa Bangun Jaya, Desa Natai Kondang, Desa Laman Baru dan Desa Jihing.

"Sebagai langkah awal, 11 desa yang sudah ODF tersebut akan kita lakukan deklarasi," tutur dia.

Maksud dari deklarasi tersebut sebagai upaya untuk merangsang desa lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam mengubah kebiasaan dan pola masyarakat yang masih suka buang air besar sembarangan.

"Kita harapkan, target 2019 semua desa sudah ODF bisa tercapai. Untuk mencapai ini tentunya perlu dukungan dari semua pihak," ucap Lamsidi. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru