Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MPLS di SMAN 1 Sampit Tonjolkan Pendidikan Berkarakter

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Juli 2017 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) terhadap peserta didik baru. Dimana lembaga tersebut melaksanakan dengan menonjolkan pendidikan berkarakter. 

"Selama tiga hari berturut-turut sejak tanggal 10 hingga 12 juli 2017. Di mana dalam hal ini kami mengutamakan pendidikan karakter," ujar Ketua Panitia MPLS, Siswi Uswatun Hastari, Selasa (11/7/2017). 

Di mana para siswa diberikan sejumlah materi, selain oleh pihak sekolah tentang tata tertib serta literasi dan beberapa materi lainnya.

Pihaknya juga menghadirkan pemateri dari luar, seperti dari Kodim 1015 Sampit tentang Bela Negara, dan Satlantas Polres Kotim tentang tata cara berlalu lintas yang baik. 

Ada pula materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba oleh Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Kotim. Serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tentang bagaimana cara menjaga lingkungan. 

'Pembentukan karakter bagi siswa baru sangat penting, karena mereka dari SMP yang berbeda-beda. Jadi karakter pertama yang harus diberikan adalah tentang keagamaannya, kemudian kepribadiannya. Dan yang utama adalah lingkungan mereka mulai dari keluarga hingga sekolah," terang Siswi

Siswi juga menegaskan jika tidak ada perpeloncoan selama MPLS di SMAN I Sampit, Sebab perpeloncoan sendiri dapat membunuh karakter siswa, dan itu bertentangan dengan program yang tengah dijalankan sekolah. 

Tahun ini SMAN I Sampit menerima siswa sebanyak 338 orang. Yang terbagi menjadi sembilan kelas. Para siswa tersebut nantinya akan mengikuti seleksi penjurusan sesuai kurikuruk 2013 (K13), yakni jurusan IPA, IPS dan Bahasa. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru