Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sistem Biopori Diterapkan pada 10 Pohon di SDN Negeri 4 Bukit Tunggal

  • Oleh Testi Priscilla
  • 04 November 2017 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XV Tahun 2017, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Palangka Raya melalui gagasan Diana Fransiska menerapkan sistem biopori untuk 10 bibit pohon yang baru ditanam di halaman SDN 4 Bukit Tunggal, Sabtu (4/11/2017) pagi ini.

"Saya kebetulan peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XV Tahun 2017 dan saya melaksanakan Pengenalan Pelestarian Alam pada Anak-Anak Sekolah Dasar (SD). Ini berguna sekali untuk penghijauan dan memaksimalkan resapan air," kata Diana yang juga menjabat sebagai Kasubbag Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup di Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Palangka Raya ini.

Menurutnya, sistem biopori ini akan sangat membantu dalam memaksimalkan resapan air tanah. Mengingat penimbunan tanah di halaman sekolah yang beralamat di Jalan Tenggiri, Kota Palangka Raya ini hampir tidak mampu menyerap sehingga banjir kerap terjadi.

"Ini sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Nanti serapan airnya itu akan dijadikan pupuk bagi tanaman yang kita tanam hari ini," tambah Diana.

Bibit tanaman yang menjadi bantuan kali ini seperti bibit pohon langsat, sawo kecik, dan rambutan diharapkan dapat membantu penghijauan di halaman SDN 4 Bukit Tunggal di masa yang akan datang. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru