Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ribuan Masyarakat dari Tiga Kecamatan akan Demo PT Task

  • Oleh Naco
  • 05 Februari 2018 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Masalah pembuangan limbah yang diduga dari PT Task I membuat gerah masyarakat. Bahkan rencananya, masyarakat dari tiga kecamatan akan melakukan aksi besar-besaran.

Koordinator aksi demo Iris Unggei sudah melayangkan surat pemberitahuan aksi demo masyarakat adat menuntut pembuangan limbah PT Task ke sungai warga. "Aksi akan kami lakukan pada 2 Maret 2018 mendatang," kata Wawan salah seorang warga di sana, Senin (5/2/2018).

Sementara itu, dalam surat Unggei yang ditujukan kepada Kapolres Kotim itu menyebutkan, aksi itu akan dilakukan masyarakat dari Kecamatan Tualan Hulu, Parenggean dan Cempaga Hulu. Karena sampai kini limbah PKS Task masih dibuang di Sungai Regei, yang mengalir ke beberapa anak sungai di kecamatan sekitarnya.

Dalam surat pemberitahuan itu, demo dilaksanakan dari pukul 07.00-16.00 wib di pabrik PT Task I, dengan kegiatan penyampaian aspirasi terbuka dan sidang adat, dengan kelengkapan membawa 20 buah spanduk, pamflet 1.000 lembar dengan mengerahkan massa sekitar 1.000 orang.

Sebelumnya, warga desa setempat menemukan secara langsung pembuangan limbah dari pabrik PT Task ke sungai warga. Bahkan kejadian itu sudah mereka sampaikan ke pihak terkait baik itu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotim maupun DPRD Kotim.

Namun tidak ada tindaklanjut sama sekali, termasuk keinginan warga yang meminta agar limbah tidak lagi dialirkan ke sungai mereka dari land aplikasi perusahaan tersebut, sampai kini tidak dilakukan. (NACO/B-2)

Berita Terbaru