Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SOPD Jangan Tunda Kegiatan Pembangunan

  • Oleh Naco
  • 11 Februari 2018 - 15:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli menyarankan agar Pemkab Kotim dalam hal ini Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) tidak lagi menunda pelaksanaan kegiatan pembangunan.

"Kami mendorong agar di semester pertama ini serapan anggaran sudah dikebut. Ini penting untuk meninggalkan kebiasaan di semester kedua jadi menumpuk pekerjaan yang dilelangkan," kata Jhon saat dihubungi Borneonews, Minggu (11/2/2018)

Menurut Jhon untuk persiapan pelelangan pekerjaan itu semestinya sudah diselesaikan satu bulan pertama di Januari lalu. Maka dari itu selanjutnya di bulan kedua itu sudah bisa di upload melalui LPSE.

Pemkab Kotim menurutnya harus hindari kebiasaan yang mana menggenjot pekerjaan di akhir tahun anggaran. Bahkan ada yang pelelangannya di semester kedua. Pola lama ini menurutnya harus dirubah.

"Tahun ini sejumlah mega proyek bakalan dimulai. Untungnya proyek dengan nilai ratusan miliar masih dalam katagori tahun jamak. Sehingga tidak terikat oleh satu tahun anggaran," kata dia.

DPRD menekankan untuk program yang sifatnya reguler untuk secepatnya di laksanakan di lapangan. Selain dibatasi dengan waktu juga untuk memudahkan pengawasan  dan memberikan waktu yang panjang bagi pihak rekanan mengerjakan kegiatan dengan kualitas yang maksimal.

"Anggaran tahun ini untuk pelaksanaan program reguler tidak kalah besar juga dan itu tersebar di seluruh SOPD lingkup Pemkab Kotim," tukasnya.

Menurut Jhon, ketua tim anggaran eksekutif harus melakukan evaluasi, semester pertama ini harus sudah melonjak untuk serapan dan realisasi anggaran. Jika ada SOPD yang masih suka mengulur waktu pelaksanaan itu harus dievaluasi apa yang melatarbelakangi.

"Pelaksanaan pembangunan harus berorientasi kepada kepentingan banyak orang. Anggaran yang dikucurkan jangan hanya untuk sektor konsumtif artinya tidak ada timbal balik kepada kehidupan masyarakat," tandasnya.(NACO/B-8)

Berita Terbaru