Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebun Raya Sampit Dibangun dengan Anggaran Rp1,4 Triliun 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 Februari 2018 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kebun Raya Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dibangun dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp1,4 triliun. Uang senilai tersebut kurang lebih sama dengan satu tahun anggaran Pemkab Kotim.

"Untuk pembangunan Kebun Raya Sampit diperkirakan mencapai Rp1,4 triliun lebih," ujar Bupati Kotim Supian Hadi, Senin (12/2/2018). 

Dana senilai itu dianggap sangat wajar jika melihat master plan yang tengah dirancang.

Kebun Raya Sampit berdiri di atas lahan seluas 607 hektare. Sebagian kawasan masih hutan yang alami, sedangkan lainnya akan ditanami kembali sejumlah pepohonan dan fasilitas lain. 

Kebun Raya Sampit digadang-gadang akan menjadi kebun raya terluas di Indonesia. Sehingga juga akan menjadi tempat penelitian dan proses pendidikan.

Bahkan para ilmuan dan juga pelajar bisa menggunakannya sebagai riset hutan Kalimantan. Karena memiliki wisata alam dan juga tempat konservasi binatang khas Kalimantan Tengah.

"Kebun Raya Sampit akan dilengkapi dengan hutan mangrove sebagai pendukung objek wisata," kata Supian.

Tidak hanya itu, nantinya juga akan menjadi pusat konservasi tumbuhan Kalimantan dengan ikon pohon Damar Borneo (Agathis borneensis warb). Bahkan tim ahli sudah menemukan 155 jenis tumbuhan, 23 jenis burung, serta buah-buahan lokal di Kebun Raya Sampit tersebut.

Di tempat tersebut juga akan dibangun jalan primer 20 kilometer dan jalan sekunder 15 kilometer. 

Saat ini pembangunan Kebun Raya Sampit terus berjalan. Di mana para tim dan juga perusahaan yang membantu menyelesaikan pembangunan masing-masing dari mereka. Hal itu dilakukan agar pada 2020 mendatang akan selesai dan bisa dibuka untuk umum. 

Berita Terbaru