Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun 2019, Danau Seluluk Bakal Jadi Tempat Budidaya Ikan

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 15 Februari 2018 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun-Tahun 2019, Danau Seluluk di Kelurahan Mendawai bakal dinormalisasi. Danau seluas 37 hektare itu bakal digunakan sebagai tempat budidaya ikan. 

"Kami sudah menguji dengan tiga komoditas, ikan Mas, ikan Patin dan ikan Nila. Untuk Nila dan Mas tahan dengan kondisi air danau tersebut, namun untuk Patin tidak tahan sama sekali. Banyak cerita dari masyarakat bahwa kalau membudidayakan ikan di tempat itu bakal gagal," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Pembudidayaan Ikan, Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Hapy Kamis saat ditemui Borneonews di kantornya, Kamis (15/2/2018).

Padahal, lanjut Hepy, pendapat itu tidak sepenuhnya benar. Sebenarnya, kondisi kematian ikan itu karena kekurangan oksigen. Kronologinya, akibat kerusakan hutan, sehingga saat hujan unsur hara terbawa turun ke danau. Kondisi itu menyebabkan peningkatan jumlah plankton di danau tersebut.

"Jadi karena banyak unsur hara jumlah plankton meningkat, plankton ini menyerap oksigen terlalu banyak sehingga ikan tidak kebagian oksigen. Selain itu, tanaman kumpai yang memenuhi danau menyebabkan danau semakin mengecil. Tanaman ini bisa tumbuh di rawa dan bahkan bisa tumbuh di perairan yang ber-PH asam sekali pun," ungkap dia.

Menurut Hepy, tahun 2019 pihaknya akan menormalisasi danau tersebut termasuk membersihkan tanaman kumpai. Sehingga, danau bisa terbuka lagi dan bisa digunakan untuk budidaya ikan. (HARDI/B-8)

Berita Terbaru