Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalumpe, Makanan Khas Dayak Berbahan Dasar Daun Singkong

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Februari 2018 - 09:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kalumpe atau Karuang adalah jenis masakan khas Dayak yang berbahan dasar daun singkong. Namun daun singkong dalam masakan ini bukan yang utuh, melainkan yang telah ditumbuk halus menggunakan lesung/lisung.

Memang ada dua sebutan untuk sayuran ini. Sebutan Kalumpe digunakan oleh masyarakat Dayak Maanyan sedangkan Karuang sebutan sayur ini dalam bahasa Dayak Ngaju. Berikut resepnya.

Bahan:

- Daun singkong yang sudah ditumbuk halus. Jika tidak bisa atau tidak mau menumbuk, di Pasar Tradisional Kota Palangka Raya biasanya sudah dijual dalam bentuk yang sudah ditumbuk

- Terong kecil atau orang Dayak menyebutnya Terong Pipit

- Air untuk merebus

- Santan secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

- Bawang merah

- Bawang putih

- Lengkuas

- Cabai jika suka

- Garam

- Merica

- Serai (tidak perlu dihaluskan)

Cara memasak:

Rebus sedikit air kemudian masukkan terong pipit. Biarkan sekitar lima menit kemudian masukkan daun singkong yang telah ditumbuk serta bumbunya. Biarkan sampai mendidih namun jangan terlalu lama karena daun singkong tumbuk cepat sekali matang.

Terakhir, masukkan santan dan biarkan mendidih sebentar lalu angkat. Kalumpe terasa sangat enak apabila sedang panas. Masakan ini biasa disajikan bersama dengan sambal terasi yang pedas dan ikan asin. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru