Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Targetkan Produksi Beras Siam Epang Paling Tinggi di Kotim

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Februari 2018 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Supian Hadi, menargetkan hasil produksi beras jenis siam epang, mampu menembus angka 75% dari total keseluruhan hasil produksi beras di daerah ini. 

"Saat ini kami terus berupaya meningkatkan hasil produksi beras siam epang. Dalam masa panennya mampu menghasilkan empat ton gabah kering per hektare," kata Supian Hadi, Jumat (23/2/2018). 

Dia menjelaskan, dari sekitar 25.000 hektare luas tanam padi di Kotim, sedikitnya ada 13.000 hektare di antaranya merupakan padi jenis siam epang. Rata-rata berada di wilayah Kecamatan Teluk Sampit, Kotim, yang luasnya mencapai 11.000 hektare. 

Dengan melihat besarnya potensi siam epang, Supian meyakini jika nantinya hasil produksi beras lokal tersebut mampu menembus angka 75% dari seluruh hasil produksi beras di daerah ini. 

"Saat ini hasil produksi beras siam epang masih sekitar 40%, jadi kami akan berupaya meningkatkan hasil produksi tersebut," kata Supian. 

Padi siam epang merupakan salah satu varietas asli Kotim. Dikarenakan memiliki banyak kelebihan, sehingga lulus dalam uji varietas unggul secara nasional oleh Kementrian Pertanian. 

Siam epang selain mudah beradaptasi dan kuat terhadap penyakit. Kelebihannya tidak perlu perawatan berlebih, serta harganya yang lebih tinggi karena kualitasnya yang baik. Di samping itu, beras dan nasi siam epang pun dapat bertahan lebih lama. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru