Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Katingan Diprediksi Masih Surplus Gabah

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Maret 2018 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kabupaten Katingan diprediksi masih tetap surplus gabah pada musim tanam Oktober - Maret (Okmar).

"Untuk musim tanam Okmar ini saya memprediksi kalau Katingan kembali surplus gabah," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Katingan Hendri Nuhan, Senin (19/3/2018).

Menurutnya, untuk musim tanam Okmar ini petani di Katingan hanya mampu menanam padi seluar sekitar 22 ribu hektare. Luasan tersebut di bawah target pusat yakni 32 ribu hektare. Artinya Katingan masih kekurangan sekitar 10 ribu hektar areal tanam.

Hal ini disebabkan karena saat musim tanam pada Okmar itu tidak jarang petani terutama di wilayah Katingan Hilir dan Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, Kecamatan Pulau Malan dan Kecamatan Katingan Tengah tidak dapat menggarap lahannya karena faktor cuaca yakni banjir.

Namun, Hendri optimistis Katingan masih tetap surplus gabah untuk musim tanam Okmar ini. Pasalnya, dari luasan tersebut jika dikalikan rata-rata per hektare 3 ton gabah kering giling, maka potensi produksi padi musim tanam Okmar mencapai sekitar 45 ribu ton.

"Iya kita akan surplus lagi, sebab dari hasil pantauan kami hampir tidak ada hama atau penyakit yang mengakibatkan puso, itu kecil sekali. Kita taeget panen dari seluruh luasan mencapai 95 %," pungkas Hendri Nuhan.(ABDUL GOFUR).

Berita Terbaru