Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengelolaan Kearsipan di Daerah Masih Buruk

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 29 Maret 2018 - 03:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Subdirektorat Daerah 1A Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Abdul Haris, menilai pengelolaan kearsipan di daerah masih buruk. Untuk itu, perlu peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pembinaan secara berkelanjutan. 

Haris mengatakan, secara umum pengelolaan kearsipan mulai dari lembaga yang ada di lingkup pemerintah pusat hingga daerah masih kurang baik. Bahkan berdasarkan laporan eksternal, rata-rata di indonesia masih buruk. Hal tersebut diakibatkan minimnya pengetahuan aparatur tentang tata kelola kearsipan. 

"Perlu perhatian serius pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki saat ini. Karena bidang kearsipan itu sangat penting," kata Haris di Sampit, Rabu (28/3/2018). 

Salah satu yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah sering melakukan pertemuan antar sesama pengelola kearsipan. Sehingga apa saja yang menjadi perhatian bisa dilakukan dan dipelajari bersama-sama. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kotim Suparmadi mengatakan, untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut,  pihaknya menggelar sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan tentang pengelola kearsipan setiap SOPD. Sehingga pada akhirnya dapat menghasilkan laporan eksternal kearsipan yang baik. 

"Untuk saat ini sosialisasi masih terbatas hingga aparatur tingkat kecamatan. Namun selanjutnya kegiatan serupa akan kembali digelar dengan melibatkan aparatur dari pemerintah desa dan kelurahan," terang Suparmadi. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 


TAGS:

Berita Terbaru