Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Teluk Bogam Persiapkan Kawasan Konservasi Dugong dan Lamun

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 11 April 2018 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Desa Teluk Bogam, kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sudah mempersiapkan kawasan konservasi dugong dan lamun. Lokasinya di Gosong Beras Basah.

"Kami akan membentuk lembaga pengelolaan daerah perlindungan laut di Gosong Beras Basah. Tujuannya untuk menjaga batas dan aktivitas di dalam kawasan tersebut. Selain itu akan dibuat pusat pendidikan dugong dan lamun," kata Kepala Desa Teluk Bogam Kotawaringin Barat Syahrian, Rabu (11/4/2018).

Menurutnya, ke depan akan dibuat semacam pusat informasi terkait dugong dan lamun. Tidak hanya itu, melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) akan dibentuk usaha yang bisa mendukung secara finansial pengelolaan daerah perlindungan laut.

"Dengan begitu, akan tersedia alokasi dana dalam pengelolaannya. Kita akan tetap mendata dan mengumpulkan informasi terkait kemunculan dugong di wilayah Kotawaringin Barat dan akan segera dilaporkan ke pusat," ucapnya.

Selain itu, akan kami akan berkoordinasi dengan pihak berwenang lainnya dalam setiap kejadian terdamparnya dugong, baik terjerat jaring maupun hal lainnya yang dapat mengancam keberadaan dugong tersebut. (HARDI/B-2)

Berita Terbaru