BMKG Pastikan Tidak Ada Gempa di Kalimantan Tengah

  • Oleh Achmad Syihabuddin
  • 12 Juli 2018 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit membantah jika di Kalimantan Tengah terjadi gempa seperti yang dirasakan warga Katingan, Kamis (12/7/2018).

"Kami sudah berkoordinasi dengan BMKG lainnya. Tidak ada catatan gempa di wilayah Kalteng. Itu berdasarkan pengamatan sensor gempa di Balikpapan," kata Kepala BMKG Bandara H Asan Sampit, Nur Setiawan.

Getaran yang dirasakan sejumlah warga di Kasongan, Kabupaten Katingan dan Parenggean, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) hanyalah getaran biasa. Tidak menutup kemungkinan getaran tersebut berasal dari beberapa alat berat yang melintas, dan menghasilkan getaran atau noise.

"Di Kalimantan bukanlah teritorial daerah rawan gempa, terkecuali Kalimantan Timur. Itu juga karena terkena jalur gempa. Di Kalteng sangat kecil kemungkinan terjadi gempa," terang Setiawan.

Dia menambahkan, BMKG berfungsi memantau kondisi cuaca di setiap waktu. Jika diprediksi cuaca buruk yang berpotensi bencana alam, maka BMKG akan memberikan peringatan dini. (ACHMAD SYIHABUDDIN/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru