Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar akan Kerjasama dengan Jember untuk Tingkatkan Produksi dan Kualitas Petani Kopi

  • Oleh Andreansyah
  • 15 November 2018 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) akan bekerjasama dengan Jember untuk tingkatkan produksi dan kualitas kopi.

Kerjasama itu dilakukan lantaran petani kopi Kumpai Batu Atas semangat untuk meningkatkan produksi panen dengan hasil yang bagus.

"Kami sudah mengirimkan contoh tanah untuk diteliti oleh pihak mereka, kami juga akan bekerja sama dalam bentuk MoU untuk perkembangan petani kopi di Kobar," ungkapnya, Rabu (14/11/2018).

Isi MoU tersebut, mereka akan melakukan proses pendampingan dari proses tanam, peralatan, dan panen. Mereka juga akan membantu dalan proses penjualan.

Sebagai persiapan, lanjut Bupati Nurhidayah, pemkab tidak hanya mempersiapkan tanaman kopi saja, tepi juga tanaman Kakao sebagai campuran kopi.

"Tidak hanya kopi, tanaman Kakao juga kita kembangkan untuk campuran kopi supaya produk kopi kita semakin bagus. Pada tanggal 27 nanti kita sudah mendapatkan tanda tangan untuk bekerja sama dengan Kabupaten Jember untuk pengolah Kopi di Kobar," Jelasnya.

Bupati juga berharap dengan penandatanganan MOU ini, nantinya kobar akan mempunyai ciri khas kopi tersendiri yaitu jenis kopi Liberika. Kerjasama itu juga diharapkan dapat meningkatnya Program pemberdayaan kesulitan petani kopi dalam memperoleh pemasaran dan pelatihan budidaya kopi yang baik. (Andre/B-2)

Berita Terbaru