Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Badan Karantina Pertanian RI Kunjungi Kobar Hadiri Ekspor RBD PT CBU

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Maret 2019 - 17:18 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Badan Karantina Pertanian RI Ali Jamil tiba di Pangkalan Bun, Minggu (17/3/2019), guna menghadiri pelepasan komoditi ekspor pertanian Refined Bleeched and Deodorized (RBD) PT Citra Borneo Utama (CBU).

Kepada wartawan Ali Jamil mengatakan, tujuannya launching beberapa komoditas yang bakal dilaksanakan di kawasan Pelabuhan Tempenek pada Senin (18/3/2019) ini merupakan wujud nyata instruksi  Presiden melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dan Badan Karantina Pertanian,  bagaimana mengakselerasi  eksportasi komoditas pertanian khususnya non migas.

"Eksportasi komoditas pertanian non migas tentunya harus kita galakkan sebagai upaya meningkatkan produk ekspor. Karena kita memiliki salah satu program  yang diberi nama Agro Gemilang yang merupakan kepanjangan dari Ayo Galakan Ekspor Generasi Milenial Bangsa," jelas Ali.

Selain mengakselerasikan ekspor, dengan program Agro Gemilang ini pemerintah juga mendukung program Kementan terkait petani milenial yang juga mengarahkan untuk ekspor.

Sedangkan bentuk dukungan pemerintah dalam menggalakan ekspor di antaranya menggelar bimbingan teknis dengan berbagai pihak mulai dari Kepala Dinas hingga Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) serta para eksportir dan calon eksportir produk pertanian.

"Tujuannya agar mereka bisa tahu dan memahami apa  yang harus dilakukan untuk melakukan ekapor produk pertanian keberbagai negara.  Di antaranya dari segi ketersediaan komoditas, ke negara mana  tujuan ekspor, bagaimana persyaratan yang diminta di negara tujuan  terkait volume  yang diminta, persyaratan dokumennya dan lain sebagainya," jelas Ali. (KRIDA/B-5)

Berita Terbaru