Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jembrana Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Ini Pulang Pisau Dapat 355 Bantuan Stimulan Pembangunan Rumah

  • Oleh James Donny
  • 27 Juni 2019 - 21:12 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya atau BSPS di Kabupaten Pulang Pisau tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. 

Kabar ini dikatakan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Dispermukimtan) Kabupaten Pulang Pisau, Edy Purwanto Casmani, Kamis, 27 Juni 2019.

Edy mengatakan tahun ini BSPS kepada masyarakat yang berada di tiga kecamatan yakni Kecamatan Kahayan Tengah, Kecamatan Jabiren Raya dan Kahayan Hilir dengan jumlah bantuan 355 unit BSPS untuk 10 desa. 

Pada tahun sebelumnya Pulang Pisau telah merealisasikan BSPS untuk 245 unit di 6 desa di Kecamatan Maliku, Kecamatan Pandih Batu dan Kecamatan Sebangau Kuala. 

Edy mengatakan usulan bantuan BSPS dari masyarakat cukup banyak, tapi tidak semua bisa diakomodasi dan pihaknya juga melakukan veriflkasi dengan melihat kondisi di lapangan.

Secara bergantian BSPS ini disalurkan pada setiap kecamatan setiap tahunnya. Sebelumnya juga pada 2018, hasil dokumentasi program BSPS di Kecamatan Maliku, tepatnya di Desa Maliku Mulya dijadikan percontohan oleh pemerintah pusat.

Pihaknya berharap bantuan ini menjadi memberikan manfaat bagi masyarakat.  Edy menjelaskan bantuan ini sebagai stimulan untuk rangsangan pembangunan rumah dan bukan rehab total.

Program swadaya ini Iebih dikenal dengan program atap, Iantai, dinding, tinggal melihat bagian mana yang rusak itu dan diperbaiki.

Demikian juga masyarakat yang mendapat bantuan BSPS harus memenuhi kriteria tertentu, yaitu masyarakat yang berpenghasilan rendah dengan katagori penghasilan perbulan di bawah Rp 3 Juta. Kondisi rumah tidak layak huni dan lahan milik warga sendiri. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru