Akreditasi Puskesmas akan Berdampak pada Pelayanan Masyarakat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Juli 2019 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Kapuas terus diupayakan menuju terakreditasi agar berdampak pada pelayanan masyarakat yang lebih maksimal.

Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi menuturkan, apabila puskesmas sudah terakreditasi tentu manfaatnya sangat banyak, di antaranya memberikan keunggulan yang kompetitif, dan memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap fasilitas kesehatan pemerintah.

"Kemudian menjamin tersedianya pelayanan primer, peningkatan kerjasama tim di puskesmas, meningkatnya manajemen resiko," ucap Apendi kepada wartawan, 26 Juli 2019.

"Serta yang terpenting apabila puskesmas sudah terakreditasi, ini sudah memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan oleh BPJS Kesehatan," lanjutnya.

Sebab, BPJS Kesehatan sendiri tidak mau bekerja sama atau re-kredensialing dengan puskesmas yang tidak terakreditasi.

Selain itu, dia menjelaskan, akreditasi puskesmas adalah proses penilaian eksternal oleh komisi akreditasi terhadap puskesmas untuk menilai apakah sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah.

"Sebab akreditasi puskesmas akhir-akhir ini menjadi isu strategis, dan menjadi skala prioritas sejalan dengan terbitnya Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas dalam mendukung arah pembangunan di bidang kesehatan," katanya.

Untuk itulah pihaknya terus mendorong puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Kapuas nantinya bisa terakreditasi sepenuhnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru