Dinas Perikanan Sukamara Kirim Petugas BBI Ikuti Pelatihan di Banjarbaru

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Agustus 2019 - 16:52 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Perikanan Kabupaten Sukamara terus berupaya membudidayakan ikan kelabau.

Salah satu langkah yang diambil dengan mengirim petugas BBI untuk mendapat pelatihan cara mengembangkan ikan tawar tersebut.

"Budidaya ikan kalabau ini sudah kita laksanakan sejak beberapa tahun, namun masih ada kendala seperti ikan tidak bisa membesar atau waktu untuk besarnya memakan waktu yang lama," kata Kepala Dinas Perikanan Sukamara, Fandedi, Jumat 9 Agustus 2019.

"Untuk menuntaskan masalah ini, kita rencananya akan mengirim petugas Balai Benih Ikan untuk mengikuti pelatihan di Mandiangin Banjarbaru, Kalimantan Selatan," ucapnya.

Pandedi berharap degan dikirimnya petugas untuk mendapatkan pembelajaran cara mengembang biakan ikan kelabau tersebut masalah yang dihadapi dalam beberapa tahun terakhir ini bisa teratasi.

"Mandiangin, Banjarbaru sudah berhasil membudidayan beberapa jenis ikan sungai seperti baung, lais termasuk ikan kelabau," ujarnya.

Saat ini pihaknya mulai melakukan penampungan indukan ikan dari nelayan lokal dengan harapan proses pengembangbiakan ikan bisa lebih mudah dan cepat dilakukan.

"Pembudidayaan yang sudah dilakukan di Balai Benih Ikan dengan menggunakan indukan dari luar daerah membutuhkan proses waktu yang cukup lama untuk pembesaran ikan yakni selama 2 tahun hanya mampu menghasilkan ikan berbobot kurang dari 1 kilo gram per ekor," terangnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru