Tim Terpadu Karhutla Kapuas Cek Titik Panas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 Agustus 2019 - 11:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim terpadu kebakaran hutan dan lahan atau karhutla Kabupaten Kapuas telah memeriksa sejumlah titik panas yang terpantau dari satelit di Desa Lahei Mangkutup, Kecamatan Mantangai.

Tim terpadu yang terdiri dari personel BPBD Kapuas, TNI, Polri, KPHL Kapuas Kahayan, mendatangi langsung titik panas tersebut untuk memastikan yang terjadi sebenarnya, sehingga dapat ditanggulangi.

Kepala Pelaksana BPBD Kapuas Panahatan Sinaga, Rabu, 14 Agustus 2019, mengungkapkan bahwa tim tersebut telah mengecek menggunakan kendaraan roda empat dan membawa mesin pemadam portable maxtri beserta kelengkapanya.

"Iya, benar kemarin tim terpadu sudah berangkat menuju ke Lahei Mangkutup untuk mengecek titik panas yang muncul," ucap Panahatan Sinaga.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa di lokasi tim, telah berkoordinasi dengan perangkat desa untuk melakukan pengecekan.

"Ternyata ketika di lokasi hotspot tidak dapat dijangkau oleh tim karena tidak ada akses kendaraan roda dua maupun roda empat," katanya.

"Tetapi berdasarkan pantauan tidak ada kepulan asap dan kejadian karhutla di sekitar lokasi hotspot tersebut," lanjutnya.

Dia menyebutkan, sejak Selasa, 13 Agustus 2019, muncul titik panas di sejumlah lokasi di Kabupaten Kapuas. Di antaranya di Kecamatan Dadahup ada 2 titik, Timpah 1 titik, Mantangai 4 titik, Mandau Talawang 1 titik, dan Kapuas Tengah 1 titik. (DODI RIZKIANSYAH/B-3)

Berita Terbaru