Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakapolda Minta Petugas Perbanyak Edukasi Pengendara saat Operasi Zebra Telabang

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 23 Oktober 2019 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Rikwanto meminta kepada petugas kepolisian lalu lintas untuk memperbanyak edukasi warga yang tidak tertib berlalu lintas. Hal ini dikatakannya Rabu 23 Oktober 2019.

"Para petugas di lapangan sangat diharapkan untuk lebih menekankan pada aspek edukasi ketika menemui pelanggar yang tidak patuh dengan aturan lalu lintas," ujar Rikwanto di halaman Mapolda Kalteng. 

Dalam mengedukasi, petugas kepolisian harus menyadari bahwa para pengendara baik roda dua, empat maupun enam berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan status sosial serta multi karakter.  

"Untuk berhadapan dengan para pengendara harus bijak juga beredukasi. Jika memang kesalahannya bisa ditolerir ya jangan dibuat menjadi besar. Karena masyarakat kita itu datang dengar berbagai latar belakang," ujarnya. 

"Jangan sampai karena tidak bijaksana dalam beredukasi malah menimbulkan persoalan yang kita semua tidak inginkan dan malah merusak institusi Polri," tambahnya. 

Menurutnya kebijaksanaan yang diterapkan dilapangan ketika menjalankan tugas tentunya tidak boleh menyimpang dari Undang-Undang dan merusak kepercayaan publik kepada Polri. (ARNOL/B-2) 

Berita Terbaru