Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Dampak Bakal Muncul Bagi Anak karena Kurang Konsumsi Ikan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 29 Oktober 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Anggota Persatuan Ahli Gizi Kabupaten Katingan, Salahudin menuturkan dampak yang bakal muncul akibat anak kurang atau tidak pernah mengkonsumsi ikan bisa meyebabkan kurang gizi.

"Selain itu juga dampak buruknya akibat kurangnya mengonsumsi ikan bisa dilihat kemampuan intelektualnya, beda antara anak yang mengonsumsi protein khususnya sumber protein hewani itu dengan anak-anak yang tidak mengonsumsi cukup protein khususnya dari ikan," ujar Salahudin saat menghadiri acara gemar makan ikan, Selasa 29 Oktober 2019.

Dampak lain, kata Salahudin dilihat dari kebiasaan anak di sekolah, misalnya aktivitasnya juga mobilitas di sekolah juga berdampak sekali.

Untuk itu mengonsumsi ikan terutama bagi anak-anak sangat penting sekali dan salah satunya untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.

Salah satunya dengan mengonsumsi ikan tawar maupun laut yang sesuai kebutuhan anak.

"Misalnya untuk anak laki-laki umur 7 tahun, kebutuhannya 45 gram protein per hari dan kebutuhan itu harus dipenuhi, sama juga bagi anak perempuan juga harus dipenuhi sesuai umur dan berat badan," katanya.

Pasalnya, kata Salahudin aktivitas anak biasanya cukup tinggi, sehingga harus memerlukan kalori yang sesuai dengan kebutuhan, salah satunya dengan mengkonsumsi ikan yang cukup.

Ikan jenis gabus, katanya salah satu ikan dengan protein tinggi, sehingga tidak heran ikan gabus atau haruan sejauh ini tidak jarang dikonsumsi oleh warga, terutama warga yang habis melahirkan.

Karena protein yang terkandung dalam ikan haruan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka dalam. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru