Program KB Pria Tidak Berpengaruh Terhadap Kejantanan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 November 2019 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kotawaringin Timur (Kotim) Ellena Rosie, menegaskan program keluarga berencana (KB) pria melalui metode operasi pria (MOP) tidak berpengaruh terhadap kejantanan. 

"Saya tegaskan bahwa KB pria ini tidak akan berpengaruh terhadap kejantanan," ujar Rosie seusai sosialisasi MOP di Kodim 1015 Sampit, Rabu, 6 November 2019. 

KB pria ini dilakukan sebagai upaya untuk menahan atau mengatur kelahiran dalam rumah tangga, terutama bagi para keluarga yang istrinya tidak cocok untuk mengikuti atau menggunakan berbagai macam kontrasepsi. 

"Jadi bagi perempuan yang tidak cocok mengikuti KB, maka disarankan suaminya yanh ikut KB. Sebagai upaya untuk mengatur kelahiran," katanya. 

Dia menegaskan seluruh masyarakat tidak usah takut mengikuti KB pria. Karena hal ini sudah berdasarkan standar kesehatan dan tentunya melalui uji coba yang sangat panjang, sehingga tidak usah khawatir dengan gangguan kesehatan kelamin bagi seorang pria. 

Dia juga menjelaskan bagi pria yang ikut KB tidak sembarangan. Karena juga harus melakukan pemeriksaan kesehatan lebih dulu.

Jika memang dianggap mampu maka akan diteruskan MOP, namun jika kondisi tubuhnya tidak sehat, maka tidak akan dilakukan MOP.

"Pemasangannya akan melalui tes kesehatan lebih dulu. Karena MOP ini tidak akan dilakukan sembarangan terhadap pria," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru