Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Edy Pratowo Ingatkan Pentingnya Legalitas Juru Sembelih Halal

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 28 April 2024 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo mengingatkan perlunya legalitas juru sembelih halal.

“Dengan meningkatnya tuntutan di masyarakat akan ketersediaan pangan halal, maka legalitas profesi sebagai juru sembelih halal sangatlah diperlukan,” tutur Edy saat menghadiri pelatihan di Masjid Darut Taqwa Kalampangan dan RPH Kalampangan Palangka Raya, Minggu, 28 April 2024.

Edy menilai dengan begitu kehalalan daging dari hewan yang disembelih dapat terjamin, apalagi dengan Hari Raya Idul Adha yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Menjelang Idul Qurban 1445 H, masyarakat tentu sangat membutuhkan juru sembelih,” tutur Edy Pratowo.

Hasil pelatihan penyembelihan yang didapatkan nantinya dapat diterapkan dengan tata cara dan etika penyembelihan hewan qurban yang baik dan benar. “Memperhatikan aspek kehalalan dan aspek kesejahteraan hewan,” sebut dia.

 

Dia mengatakan peran Juru Sembelih Halal (Juleha) tidak hanya terkait proses penyembelihan hewan ternak sesuai syariat Islam.

Proses tersebut, juga mempunyai pengaruh atau peran penting terhadap peningkatan dan kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), khususnya makanan berbahan baku daging. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru