Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Stunting di Barito Timur Tahun Ini Turun

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 November 2019 - 00:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur, Simon Biring memaparkan, angka stunting di Barito Timur pada tahun 2019 ini turun menjadi sekitar 12 persen.

Menurutnya, angka stunting di Kabupaten Barito Timur pada 2017 dan 2018 masih berkisar 30,8 persen. "Sekarang dengan intervensi yang kita lakukan sudah menurun menjadi sekitar 12 persen," kata Simon Biring, di Tamiang Layang, Kamis, 7 November 2019.

"Selama sekitar dua sampai tiga tahun kita intervensi memang banyak penurunan angka stunting," imbuhnya.

Untuk terus menekan angka stunting di Barito Timur, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Universitas Lampung menggelar orientasi penguatan posyandu dengan pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan stunting di Kabupaten Barito Timur.

"Jadi itu Universitas Lampung bekerjasama dengan Departemen Kesehatan, kebetulan kita masuk lokus stunting 100 kabupaten/ kota, jadi mereka turun dengan anggaran dari kementerian kesehatan," ungkap Simon.

Di samping penguatan posyandu, lanjut Simon, Dinas Kesehatan juga memberikan makanan tambahan serta melakukan pemantauan status gizi anak.

"Stunting ini intervensinya harus dimulai dari 1.000 hari pertama, mulai pada saat kehamilan, lahir, sampai umur 2 tahun. Kalau lewat dari 2 tahun baru dimulai memang agak sulit," paparnya.

Simon menjelaskan, saat ini deteksi dini kasus stunting sudah lebih cepat karena pada 11 Puskesmas di Barito Timur sudah disediakan alat antropometri.

"Alat antropometri berfungsi untuk mengukur tinggi dan berat badan sekaligus nanti akan langsung kelihatan. Dengan alat tersebut juga bisa dipantau kemungkinan gejala stunting sejak lahir dengan mengukur tinggi dan berat badan bayi," imbuhnya.

Sebagai contoh, jika tinggi badan bayi yang baru lahir kurang dari 48 centimeter dan berat badannya kurang dari 2,5 kilogram itu sudah menunjukkan gejala stunting sehingga harus dipantau terus pertumbuhannya dan diberikan makanan tambahan dengan ketat serta status gizinya harus dipantau terus. (BOLE MALO/B-2)

Berita Terbaru