Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Barito Timur Tindaklanjuti Program Indonesia Sehat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 November 2019 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Kesehatan Barito Timur menggelar pertemuan tindak lanjut Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di aula hotel Indra Jaya Tamiang Layang, Kamis, 7 November 2019.

"PIS-PK merupakan salah satu program nasional yang menekankan pada integrasi pendekatan akses pelayanan kesehatan, ketersediaan tenaga kesehatan, pembiayaan serta sarana prasarana, termasuk program upaya kesehatan masyarakat dan perorangan yang mencakup seluruh keluarga dalam wilayah Puskesmas" Kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Simon Biring.

Lanjutnya, Program Indonesia Sehat dilakukan dengan menegakkan tiga pilar utama yaitu penerapan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"PIS-PK lebih mengarah kepada pembinaan pendataan yang dilakukan tanpa ada kurun waktunya. begitu pula kegunaan aplikasi PIS-PK supaya jadi monitor, yang jika ada perubahan ke arah yang lebih baik maka indikator akan menjadi baik dan harus dilaksanakan pembinaan continue of care yang bertujuan untuk meningkatkan keluarga yang dibina secara kuantitas dan kualitas," imbuh Simon.

Menurutnya, pelaksanaan PIS-PK merupakan tanggung jawab kita bersama, para petugas Puskesmas harus siap bekerja tim karena pelaksanaan PIS-PK bukan hanya satu atau dua petugas saja yang menjalankan, namun harus berkolaborasi dengan lintas program lainnya yang ada di puskesmas.

"Perlu dilakukan monitoring dan evaluasi untuk menilai kemajuan implementasi PIS-PK di masing-masing wilayah kerja puskesmas dan mengetahui hambatan apa saja yang dihadapi, serta mencari solusi bagi para petugas dalam melaksanakan pendataan monitoring dan evaluasi," kata Simon.

Ia berharap kegiatan tersebut bukan sekedar seremoni yang hanya memberikan output namun juga harus memberikan outcome, yang manfaatnya dapat dirasakan langsung yaitu peningkatan kesehatan keluarga di Barito Timur.

Kegiatan pertemuan tersebut tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinkes Barito Timur Simon Biring, serta dikuti oleh oleh peserta dari seluruh Puskesmas yang ada di Barito Timur. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru