Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus DBD Mulai Muncul di Barito Timur, Berikut Tips Mencegahnya

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Januari 2020 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus mulai muncul di Kabupaten Barito Timur.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Suhaily mengatakan di awal tahun ini saja sudah ada 12 kasus.

"Dari jumlah itu, ada 9 yang dirujuk ke RSUD Tamiang Layang dan 3 lainnya kasus baru yang masih dirawat di Puskesmas," kata Suhaily, Rabu, 15 Januari 2020.

Dia merincikan, 9 penderita DBD yang dirujuk ke RSUD Tamiang Layang berasal dari Telang, Jaar, Pasar Panas, Tampa, Paku, Kalamus, dan Bentot.

"Kasus demam berdarah cenderung meningkat pada musim hujan, karena itu masyarakat Barito Timur harus meningkatkan pencegahan dengan memberantas sarang nyamuk," imbuh Suhaily.

Dia juga mengimbau masyarakat Barito Timur untuk segera memeriksakan diri ke puskesmas apabila mengalami demam atau gejala dini DBD lainnya.

Sementara itu, Sanitarian Puskesmas Bentot, Risna Wati membagikan tips 4M Plus untuk pemberantasan sarang nyamuk mencegah demam berdarah dengue;

1. Menguras dan menyikat bak mandi seminggu 2 kali.

2. Menutup tempat penampungan air.

3. Mendaur ulang dan menyingkirkan barang bekas.

4. Memantau jentik nyamuk di rumah, sekitar rumah, sekolah, kampus, kantor/tempat kerja, tempat usaha.

5. Memberantas jentik nyamuk dengan memberikan oli bekas di tempat genangan air karena jentik hidup di permukaan air jadi dengan oli yang ada di permukaan jentik nyamuk tidak bisa hidup.

Berita Terbaru