Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Kapuas Akan Terapkan Pendataan EMIS Lewat Aplikasi Ini

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Februari 2020 - 15:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas mulai semester genap mendatang, dalam pendataan Education Management Information System (EMIS) madrasah akan menggunakan aplikasi feeder EMIS (AFE).

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kapuas H Sajarwan mengatakan feeder EMIS AFE ini sebagai solusi permasalahan server yang lambat, dan bahkan sering tidak bisa dibuka atau sulit diakses sebelumnya.

"Itu membuat pihak Kemenag Pusat tetap berusaha untuk mencari solusi yang terbaik untuk madrasah, hingga akhirnya muncul aplikasi feeder EMIS ini," ucap Sajarwan, Jumat, 21 Februari 2020.

Terlebih lagi, lanjut dia penerapannya didasari surat edaran Dirjen Pendis perihal pemberitahuan aplikasi feeder EMIS (AFE) dan aplikasi EMIS dashboard.

"Sesuai surat, ini untuk memudahkan akses lembaga madrasah dalam melaksanaan updating data EMIS," tuturnya.


Kemudian, lanjut dia kini sudah dipersiapkan sebuah aplikasi pendataan EMIS yang berbasis offline yang diberi nama Aplikasi feeder EMIS AFE.

"Aplikasi AFE adalah layanan pendataan yang dapat dilakukan secara offline dengan mekanisme sinkronisasi data dari dan ke server EMIS Pusat," katanya.

Selain itu aplikasi AFE ini merupakan penyempurnaan dari aplikasi EMIS desktop versi sebelumnya.

Menurutnya aplikasi AFE telah diujicobakan dan direncanakan akan dimulai diimplementasikan pada pendataan EMIS semester mendatang.
"Untuk itu kami berharap pihak madrasah terlebih para operator agar benar-benar memperhatikan hal ini," harapnya.

Adapun data EMIS tersebut merupakan data yang sangat penting, karena data itu nantinya berguna untuk pengembangan dan kemajuan madrasah serta pengambilan kebijakan tingkat daerah dan pusat, untuk itu pihak madrasah baik negeri dan swasta wajib menggunakannya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru