Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kaji Tiru Pengembangan Ekonomi UMKM, Bupati Kobar Kunjungi Desa Gunting di Pasuruan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 24 Februari 2020 - 19:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna melakukan pengkajian untuk meniru cara pengembangan ekonomi UMKM, Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah dan jajarannya berkunjung ke Desa Gunting, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Senin, 24 Februari 2020.

Pasalnya, Desa Gunting merupakan salah satu desa yang memiliki beragam potensi, mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, wisata desa dan geliat UMKM. 

"Perkembangan potensi Desa Gunting salah satunya tak lepas dari pendampingan lewat CSR dari pihak perusahaan swasta," kata bupati.

Bupati menuturkan, kunjungan tersebut dilakukan karena memiliki berbagai persamaan secara kondisi geografis dan potensi lainnya.

"Kunjungannya ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam peluang kewirausahaan yang telah dilaksanakan di wilayah ini,"

"Hasil kaji tiru di daerah ini diharapkan dapat membantu kita untuk dan mengimplementasikan pola pengembangan kewirausahaan di Kabupaten Kobar,” jelas bupati. 

Menurutnya, secara umum Desa Gunting memiliki potensi yang hampir sama dengan beberapa wilayah di Kobar.

"Desa Gunting mengembangkan beberapa sektor, seperti pertanian, peternakan, perikanan, perdaganagan melalui UMKM serta pariwisata. Sektor inilah yang akan terus didorong untuk dikembangkan menjadi sasaran pembangunan dalam visi dan misi pemerintahan 5 tahun," jelasnya.

Karena, lanjut bupati, dalam salah satu misi pemerintahan ini diperkuat dengan kemandirian ekonomi yang berbasis pada pertanian dalam arti luas, kalautan, industri.

"Selain itu, tentunya pengelolaan potensi daerah dan sumber energi melalui infrastruktur dan mempertahankan lingkungan hidup. Untuk itulah sektor-sektor perekonomian berbasis kerakyatan terus kita galakkan,” bebernya.

Berita Terbaru