Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dampak Wabah Corona, Rapim TEPRA Pemkab Lamandau Belum Digelar

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 16 April 2020 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Wabah Covid-19 yang kini terjadi menyebabkan sejumlah kegiatan pemerintahan di Kabupaten Lamandau terhambat. Salah satunya adalah Rapat Pimpinan (Rapim) Tim Evaluasi dan Pengawasan Anggaran (TEPRA) yang biasanya rutin dilakukan, hingga kini masih belum digelar.

"Gara-gara wabah corona ini kita akui banyak kegiatan pemerintahan yang terhambat, contohnya saja Rapim Tepra yang juga hingga kini belum kita laksanakan," ungkap Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto, Kamis 16 April 2020.

Padahal, rapim TEPRA dinilai sangat penting sebagai forum evaluasi kinerja semua organisasi perangkat daerah (OPD) pemkab Lamandau untuk tahun anggaran berjalan. Dari situ juga dapat diketahui realisasi dan serapan anggaran yang sudah ataupun yang belum dilakukan.

Rapim TEPRA, lanju Riko, sejatinya juga bisa menjadi wadah bagi masing-masing OPD dalam meningkatkan komunikasi dan koordinasi agar pembangunan yang berjalan tepat guna sesuai rencana.

Selain banyak kegiatan yang terhambat, kata Riko lagi, saat pandemi Covid-19 ini pemkab juga dituntut untuk menyesuaikan ritme kerja dengan perubahan-perubahan kebijakan pemerintah pusat yang sangat cepat.

Riko menjelaskan, sebetulnya masih ada solusi dalam menggelar rapim TEPRA tersebut, yakni via daring atau online, seperti teleconverence. Namun, buruknya jaringan telekomunikasi dinilai bakal menjadi hambatan tersendiri.
(HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru