Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pompa Penyedot Milik PDAM Lamandau Rusak, Distribusi Air ke Pelanggan Sempat Terhenti

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 20 April 2020 - 21:45 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pompa inti yang berfungsi sebagai penyedot air baku milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma kabupaten Lamandau rusak. Akibatnya, distribusi air ke semua pelanggan sempat terhenti. 

"Ada kerusakan pompa inti atau pompa besar yang di intake (di Sungai Lamandau), makanya distribusi (ke pelanggan) terganggu karena stok air habis akibat penyedotan sempat terhenti," ungka Direktur PDAM Lamandau Saiful Anwar, saat dibincangi, Senin 20 April 2020.

Kerusakan pada pompa inti di intake PDAM terjadi Senin pagi. Beberapa komponen yang mengalami kerusakan antara lain kipas mesin pompa dan baut pengikat yang kendor.

"Baut-bautnya ada yang lepas dan kendor, kipas mesin pompa juga ada yang kena (rusak)," jelas Jelas Saiful. 

Kerusakan mesin pompa inti milik PDAM Lamandau itu menyebabkan proses penyedotan air baku sempat berhenti total, karena stok air baku PDAM habis sehingga distribusi air bersih ke 4.000 lebih pelangganpun terhenti. 

Meski begitu, Saiful memastikan bahwa produksi air bersih PDAM pada Senin siang sudah kembali dilakukan, karena PDAM mengatasinya kerusakan pompa inti dengan mengoprasikan beberapa mesin pompa cadangan yang kapasitasnya jauh lebih kecil. 

"Sembari kita lakukan perbaikan untuk mesin pompa inti, saat ini kita gunakan mesin cadangan dulu, namun memang kapasitasnya kecil, sehingga tentu debit air bahan baku yang didapat juga sedikit," jelasnya. 

Saiful juga menyebut, proses distribusi air untuk pelanggan akan tetap dulakukan. Tetapi pihaknya melakukan pengurangan jam serta kapasitas distribusi.

"Semoga perbaikan pompa inti ini bisa cepat selesai, dengan harapan pelayanan terhadap para pelanggan dapat dilakukan secara optimal," tuturnya. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru