Sejumlah Anggota DPRD Kapuas Usulkan Bentuk Pansus Awasi Bantuan Sosial Covid-19

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 April 2020 - 13:45 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Kapuas mengusulkan pembentukan panitia khusus untuk mengawasi bantuan sosial dari pemerintah berkaitan covid-19.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kapuas, Yohanes menjelaskan, pembantukan pansus dalam rangka pengawasan anggaran dan bantuan sosial agar tepat sasaran serta transparan.

Legislator juga menggunakan surat edaran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Nomor 11 tahun 2020 tentang Penggunaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS) dan data Non DTKS dalam pemberian bantuan kepada masyarakat.

"Pada surat edaran tersebut, masyarakat boleh melakukan pengaduan dan pengawasan terhadap bantuan tersebut. Itulah dasar kami mengajukan pembentukan pansus," ucap Yohanes, Rabu, 29 April 2020.

Dia menegaskan, pihaknya perlu untuk membentuk pansus agar penyaluran bantuan tersebut sesuai dengan DTKS tersebut.

"Yang mana peran dari DPRD sebagai wakil rakyat berkewajiban untuk melakukan pengawasan dari pertanggungjawaban bantuan tersebut," jelasnya.

Dia berharap nantinya penyaluran-penyaluran bantuan sosial terutama bersumber dari keuangan negara bisa tepat sasaran. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru