Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

27 Warga Lamandau Berstatus ODP Akan Jalani Rapid Test Hari Ini

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 30 April 2020 - 03:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Sebanyak 27 orang warga Kelurahan Nanga Bulik, Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau yang diduga punya riwayat kontak langsung dengan pasien reaktif rapid test dijadwalkan untuk menjalani rapid test hari ini, Kamis 30 April 2020.

"Semuanya kita jadwalkan untuk mengikuti rapid test hari ini," kata Bupati Hendra Lesmana, di Nanga Bulik, Kamis 30 April 2020.

Hendra yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kabupaten Lamandau itu menyebut, rapid test akan dilakukan dengan cara petugas medis mendatangi mess desa tempat 27 orang menjalani proses karantina saat ini. 

"Petugas (tim medis) nanti yang akan datang ke mess desa dan melakukan rapid test satu-persatu," katanya. 

Hendra Lesmana menyebut, rapid test yang akan dilakukan sebagai upaya skrining awal dalam mencegah potensi penyebaran Covid-19. Hasil rapid test nantinya akan menjadi salahsatu acuan bagi tim kesehatan untuk mengetahui siapa saja yang memiliki potensi menyebarkan virus.

"Saat ini kita masih serba menduga-duga, karena meskipun warga yang bestatus pasien dalam pengawasan (PDP) civid-19 itu diketahui reaktif corona berdasarkan rapid test, namun belum tentu positif Covid-19 karena belum diambil sampel swab sebagai tahapan selanjutnya, sehingga yang bisa dimaksimalkan untuk yang ODP saat ini adalah upaya preventif, salahsatunya karantina dan rapid test ini," katanya. 
(HENDI NURFALAH/m)

Berita Terbaru