Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

5.700 Pekerja Migran RI Dipulangkan via Bandara Soekarno - Hatta

  • Oleh Teras.id
  • 03 Mei 2020 - 10:30 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) menyebutkan sekitar 5.700 orang pekerja migran Indonesia (PMI) dan anak buah kapal (ABK) telah tiba di Tanah Air melalui Bandara Soekarno - Hatta selama periode 2 Maret 2020 hingga 1 Mei 2020.

President Director Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, menyatakan, pihaknya memastikan kelancaran pelayanan penerbangan repatriasi WNI di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di tengah pandemi global virus Corona atau Covid-19. Perusahaan juga terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak pemangku kepentingan untuk memastikan proses pemulangan WNI tersebut.

"Bandara Soekarno-Hatta siaga 24 jam untuk melayani penebangan repatriasi dan menyambut kepulangan WNI di Tanah Air," ujar Awaluddin, seperti dikutip dalam siaran pers, Sabtu, 2 Mei 2020.

Angkasa Pura II juga berkoordinasi dengan BNP2TKI serta pemerintah daerah tempat asal WNI yang ikut repatriasi, untuk menyiapkan berbagai kebutuhan dalam menjalani protokol kesehatan penanganan Covid-19, seperti pemeriksaan rapid test di Kantor Kesehatan Pelabuhab (KKP) Bandara Soekarno-Hatta. "Sehingga proses pemulangan hingga ke tujuan akhir dapat berjalan lancar dan juga tidak memakan waktu," ujar Awaluddin.

Pada hari Sabtu 2 Mei 2020 kemarin telah dilakukan penerbangan pemulangan 262 WNI dari Arab Saudi dengan maskapai Saudia. Ke depannya masih akan ada kembali sejumlah penerbangan repatriasi WNI yang tiba di Soekarno-Hatta dari sejumlah negara.

Penerbangan repatriasi WNI merupakan penerbangan yang diperbolehkan beroperasi di wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan zona merah sesuai dengan peraturan pemerintah. Beleid yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Perhubungan No.25 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri tahun 1441 Hijriah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Penerbangan repatriasi ini umumnya dilakukan untuk mengantar pulang WNI dari suatu negara, di mana negara tersebut telah memberlakukan pelarangan penerbangan komersial atau memang sudah sulit/tidak ada penerbangan komersial karena satu dan lain hal.

Soekarno - Hatta masih siaga beroperasi 24 jam setiap hari guna menjaga konektivitas transportasi udara Indonesia baik di dalam negeri mau pun internasional. Penerbangan internasional di Soekarno-Hatta di tengah pandemi global ini seluruhnya dilayani di Terminal 3. Saat ini, ada 40 sampai 50 jumlah pergerakan keberangkatan dan kedatangan penerbangan internasional setiap harinya.

TERAS.ID

Berita Terbaru