Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sel Telur Pilih Sendiri Sperma Pasangannya, Penyebab Sulit Hamil

  • Oleh Teras.id
  • 13 Juni 2020 - 14:11 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Sel telur manusia mungkin ikut mempengaruhi apakah mereka bisa hamil dengan pasangan tertentu.

Dugaan ini berasal dari temuan bahwa sel telur itu ternyata merilis zat kimia yang bisa menarik lebih banyak sperma milik seseorang dibandingkan sperma yang diproduksi orang yang lain.

“Ini adalah kali pertama yang didapati pada manusia, atau pada spesies lainnya yang memiliki sistem pembuahan (fertilisasi) di dalam,” kata John Fitzpatrick dari Stockholm University, Swedia, seperti dikutip dari Newscientist edisi 10 Juni 2020.

Dia dan timnya mempelajari sejumlah sampel sperma dan follicular flui cairan kaya nutrisi yang menyelubungi setiap telur ketika dia berkembang dan dilepaskan dari 16 pasangan yang menjalani terapi kesuburan.

Diketahui, setiap sperma harus berenang menembus cairan itu untuk bisa mencapai telur yang belum dibuahi.

Fitzpatrick dkk menemukan kalau cairan itu pada setiap perempuan bisa menarik lebih banyak sperma dari kelompok pria tertentu ketimbang pria yang lain.

Tidak ditemukan pola yang jelas untuk menerangkan sperma milik pria yang seperti apa yang akan tertarik ke follicular fluida yang mana. Yang terlihat adalah pola acak dan tidak selalu berkorelasi dengan pria pilihan si perempuan pemilik telur.

“Temuan ini benar-benar mengejutkan,” kata Fitzpatrick. Penelitian itu menghitung jumlah sperma dari pria berbeda yang mendatangi follicular fluid dalam sampel.

Hasilnya, ditemukan selisih rata-rata jumlah sperma terbanyak dan tersedikit pada setiap cairan itu sebesar 18 persen.

“Telur-telur yang menarik jumlah sperma 18 persen lebih banyak tentu akan sangat penting selama fertilisasi dalam saluran reproduksi si perempuan karena hanya sebagai kecil sperma saja yang akhirnya akan membuahi telur itu seusai hubungan intim,” katanya.

Berita Terbaru