Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BSPS di Pulang Pisau Mulai Dilaksanakan di 7 Desa

  • Oleh James Donny
  • 26 Juni 2020 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya atau BSPS mulai dilaksanakan di tujuh desa yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.

"Saat ini sudah dalam tahap pengerjaan," kata Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Pulang Pisau , Edy Purwanto Casmani, Kamis, 7 Juni 2020.

Dia mengatakan ada sebanyak 350 rumah yang mendapatkan bantuan dari program BSPS dari Kementerian PUPR tersebut. Bantuan tersebut pada tahun ini tersebar di dua kecamatan yakni Kecamatan Kahayan Hilir meliputi Desa Mantaren II 45 rumah, Desa Banyak Maju 50 rumah, Desa Anjir Pulang Pisau 51 rumah, Desa Mintin 55 rumah, Kelurahan Kalawa  42 rumah, Kelurahan Bereng 50 rumah. Selanjutnya 56 rumah di Desa Sidodadi Kecamatan Maliku.

Edy mengatakan bantuan tersebut dialokasikan khusus untuk masyarakat  yang berpenghasilan rendah. "Bantuan ini berdasarkan usulan dari masukan Pemerintah Desa," terangnya.

Dalam program ini terang Edy satu rumah mendapatkan stimulus Rp17,5 juta. "Penerima tidak mendapat bantuan itu dalam bentuk uang tunai, kecuali upah tukang, artinya yang Rp15 juta dalam bentuk bahan dan yang Rp2,5 juta untuk upah tukang,” ujar Edy.

Dalam pelaksanaan tersebut terang Edy penerima BSPS melakukan kontrak dengan suplayer, selajutnya suplayer mendistribusikan bahan bangunan yang diperlukan sesuai nilai bantuan.

Demikian juga dalam pembangunan nantinya, bisa konstruksi kayu atau beton. "Program ini hanya untuk merangsang penerima, dan penerima bantuan kemudian meneruskan pembangunan," katanya.

Menurutnya dalam pembangunan tersebut untuk syarat terkait legalitas tanah tidak harus yang sudah bersertifikat. "Bisa SKT bahkan surat pernyataan," katanya.

Untuk Kabupaten Pulang Pisau terang Edy ini sudah keempat kali BSPS dilaksanakan sejak tahun 2017. "Ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2017 yang pertama kali kita mendapatkan kuota 230, selanjutnya 2018 dapat 245, 2019 sebanyak 355, dan pada tahun ini ada sebanyak 350 rumah. (JAMES DONNY/B-5)

Berita Terbaru