Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Utara Akan Ikuti 19 Cabang Lomba pada FBIM 2024

  • Oleh Ramadani
  • 29 April 2024 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kabupaten Barito Utara pada kegiatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2024 di Palangka Raya mengikuti 19 cabang lomba dalam kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan pada 17-23 Mei 2024.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Barito Utara (Disbudparpora Barut) Hj Annisa Cahyawati mengatakan pada kegiatan FBIM tahun 2024 pada Mei mendatang kontingen Kabupaten Barito Utara akan mengikuti 19 cabang lomba dalam kegiatan itu.

“Kontingen Kabupaten Barito Utara mengikuti 19 cabang lomba yang dipertandingkan pada Festival Budaya Isen Mulang pada bulan Mei 2024 di Palangka Raya,” kata Kadis Budparpora Hj Annisa Cahyawati, Senin 29 April 2024 di Muara Teweh.

Adapun ke 19 cabang lomba itu, yaitu karnaval budaya atau pawai budaya, perahu hias, jagau bawi nyai pariwisata Kalteng, malamang, mangenta, panginan sukup simpan, tari pedalaman, tari pesisir, vokal grup lagu daerah (putra putri).

Kemudian karungut (putra putri), balogo (putra putri), bagasing atau habayang (putra putri), sepak sawut atau sepak apui, manetek maneweng manyila kayu, mangaruhi, dayung atau jukung tradisional (putra putri), besei kambe (putra putri), fotografis dan videografi. 

Dikatakannya, peserta dalam mengikuti FBIM nantinya kontingen Barito Utara diikuti sebanyak 240 orang termasuk di dalamnya official, seniman, atlet olahraga tradisional. 

Lebih lanjut Hj Annisa mengatakan, untuk pelaksanaan kegiatan lomba dipusatkan di GOR Tuah Pahoe, dan tempat lainnya seperti Swissbell Hotel, Sungai kahayan (jukung tradisional dan perahu hias) dan Bundaran Besar (karnaval). “Kontingan Kabupaten Barito Utara dalam FBIM tahun 2024 ini menargetkan 25 medali,” ucapnya. 

Sedangkan untuk penampungan kontingen FBIM Barito Utara di Hotel Putri Sinta, Guest House dan tempat lainnya. “Pelepasan kontingen FBIM Kabupaten Barito Utara Insya Allah akan dilaksanakan pada Kamis tanggal 16 Mei 2024 dihalaman kantor Bupati yang dilepas secara langsung oleh pimpinan daerah,” kata Kadis Budparpora didampingi salah satui official Puspo Priswantoro. (RAMADHANI/j)

Berita Terbaru