Penggunaan Implant Terbanyak Pada Pelayanan Sejuta Akseptor di Seruyan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 04 Juli 2020 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pada Pelayanan Sejuta Akseptor dalam rangka Hari Keluarga Nasional atau Harganas yang ke 27  tahun 2020 di Kabupaten Seruyan, Akseptor KB banyak memilih penggunaan Implant untuk ber KB.

Kepala Dinas P3AP2KB Seruyan, Purwadi mengatakan, berdasarkan data hasil pelaksanaan Pelayanan Sejuta Akseptor, pengguna akseptor KB Implant sebanyak 271 orang.

Kemudian, di susul dengan penggunaan Pil sebanyak 208, Suntik 198, kondom 43 dan IUD 9 sehingga dalam kegiatan ini diikuti sebanyak 729 akseptor.

“Meskipun sudah melampaui target yang di tetapkan, namun jika dilihat dari data, metode penggunaan alat kontrasepsi implant mendominasi,” kata Purwadi, Sabtu, 4 Juli 2020.

Pihaknya berharap,  agar kedepan  penggunaan alat  kontrasepsi lain nya, agar bisa di tingkatkan lagi penggunaan nya, seperti IUD, Medis Operatif Pria (MOP) dan Medis Operatif  Wanita (MOW).

Untuk meningkatkan penggunaan alat kontrasepsi lainya ini, diharapkan agar komunikasi, informasi dan edukasi atau KIE dalam memberikan sosialisasi serta informasi berkaitan dengan program KB dapat terus ditingkatkan.

“Mudah-mudahan kedepan, penggunaan IUD, MOW dan MOP di Kabupaten Seruyan, bisa lebih ditingkatkan lagi,” tandasnya. (FAHRUL/B-7)

Berita Terbaru