Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rencana Penyehatan Mulus, Laju Saham Bank Bukopin Terkerek

  • Oleh Teras.id
  • 05 Juli 2020 - 11:11 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Seiring berjalannya penyehatan PT Bank Bukopin Tbk, laju saham perseroan pun mendapat sentimen positif.

Pada penutupan perdagangan Jumat 3 Juli 2020, saham Bukopin berada di level Rp 184, sama seperti perdagangan sebelumnya, setelah bergerak di rentang Rp 183 - Rp 187.

Kapitalisasi pasar bank dengan kode emiten BBKP inipun mencapai Rp 2,14 triliun dengan price to erning ratio (PER) 10,22 kali.

Dalam sebulan terakhir, saham Bukopin tercatat menguat 13,58 persen dan bahkan dalam 3 bulan terakhir mampu melejit hingga 119,05 persen.

Kenaikan harga saham ini tak lepas dari rencana aksi korporasi untuk penyehatan likuiditas Bank Bukopin. Namun secara kumulatif, sepanjang 2020 harga saham bank ini masih terkoreksi 17,86 persen.

Sebelumnya Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A. Purwantono mengatakan Kookmin Bank dapat memiliki porsi kepemilikan 26 persen. Pasalnya, pemerintah tidak akan menggunakan haknya dalam Penawaran Umum Terbatas (PUT) V.

Bank asal Korea Selatan ini juga siap penjadi pembeli siaga jika pemegang saham lain tidak melaksanakan haknya dalam PUT V ini.

"Kami lakukan banyak skema. Kookmin Bank tetap dapat menjadi PSP lantaran pemerintah tidak akan menyerap haknya," katanya, Kamis 2 Juli 2020. Rivan melanjutkan, pemegang saham lain juga tetap memiliki kemampuan untuk menyerap semua haknya.

Di samping itu, Rivan menyebutkan Kookmin Bank juga sedang mempersiapkan rencana untuk menjadi pemegang saham mayoritas.

"Bahkan paling maksimal untuk yang 67 persen kami pun targetkan tahun ini dengan penambahan modal lanjutan," imbuhnya.

Berita Terbaru