Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puan Maharani Resmikan Monumen Soekarno di Aljazair

  • Oleh Teras.id
  • 19 Juli 2020 - 07:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani meresmikan Monumen Soekarno di Kota Aljir, Aljazair, pada Sabtu, 18 Juli 2020.

Puan mengikuti secara virtual dari rumah dinasnya di Jakarta pada pukul 10.00 waktu setempat  atau sekitar pukul 16.00 WIB.

Dalam sambutannya, Puan Maharani berharap Monumen Soekarno di Aljir semakin mempererat hubungan Indonesia dan Aljazair.

"Saya berharap Monumen Soekarno ini menjadi pengingat bagi kita semua atas kuatnya semangat dan persahabatan yang dimiliki Indonesia dengan Aljazair di sepanjang sejarah kedua negara kita," kata Puan Maharani dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu, 18 Juli 2020.

Monumen Sukarno di Aljazair terdiri dari taman dan patung setengah badan Bung Karno di tengah-tengah Ibu Kota Aljazair, tepatnya di bundaran simpang Jalan Mustapha Khalef Ben Aknoun dan Chemin Arezki Mouri di Kota Aljir.


Desain monumen dibuat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sedangkan patungnya dibuat oleh seniman Dolorosa Sinaga.

Menurut Puan Maharani, patung tersebut dibuat dari berbagai lempengan logam secara terpisah yang disusun tiga dimensi membentuk satu kesatuan patung Bung Karno.

Pembangunan monumen disokong PT Pertamina dan PT Wijaya Karya sejak groundbreaking pada 16 Februari 2020.

Mewakili keluarga Soekarno, Puan pun menyampaikan permintaan maaf karena tak bisa hadir secara fisik lantaran batasan perjalanan internasional akibat pandemi Covid-19.

Politikus PDIP tersebut berharap bisa segera bertandang untuk melihat langsung monumen tersebut.

Berita Terbaru