Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Tengah Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Dayak Lintas DAS Kalteng Gelar Pra Kongres I 2020

  • Oleh Hendri
  • 10 Agustus 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Aliansi Masyarakat Dayak Lintas Daerah Aliran Sungai (DAS) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pra Kongres I di salah satu hotel pada Senin malam, 10 Agustus 2020.

Ketua Palaksana, Pancani Gandrung mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk mempersiapkan dukungan serta menggali antusias masyarakat Kalteng terhadap kongres perdana yang digelar pada 17-19 September 2020 mendatang.

"Dengan adanya pra kongres ini kita harapkan masyarakat lebih tahu dan tentunya acara kongres pertama nanti bisa sukses dengan tinggi antusiame masyarakat terhadap kegiatan masyarakat lintas DAS Kalteng," katanya.

Pancani menuturkan, Kongres tersebut juga bertujuan untuk membahas dan merumuskan solusi kongrit dan tantangan sumber daya manusia khususnya masyarakat lokal tentang isu pembangunan di wilayah Kalteng.

"Terutama mengenai eksistensi dan tantangan keterlibatan masyarakat lokal dalam pengelolaan sumber daya alam. Seperti kita tahu bahwa masyarakat wilayah aliran sungai hingga saat ini juga banyak mengalami kendala sejak adanya berbagai macam bencana," ujarnya.

Hasil Kongres tersebut, kata dia, akan disimpulkan dalam bentuk rekomendasi yang akan diserahkan kepada Presiden, DPR RI, DPD Rl, Menteri terkait, Gubernur Kalteng, DPRD Kalteng, Polda Kalteng dan Korem.

Sedangkan dalam Kongres nanti setidaknya ada 4 pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat Dayak Kalimantan Tengah.

Pertama, terciptanya kembali semangat kebersamaan sesama masyarakat Dayak di Kalteng.

Kedua, mengingingkan kesetaraan pemberlakuan dalam segala hal, termasuk dalam pembangunan. Masyarakat Dayak harus berperan aktif memikirkan dan mengurus daerahnya sendiri.

Ketiga, masyarakat Dayak melalui konggres ini akan mengimbau semua masyarakat Dayak untuk sama-sama menjaga keutuhan kebersamaan sebagai warga negera.

Berita Terbaru