Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara: Rumput Liar di Area Sukamara Ranch Cocok untuk Pakan Sapi

  • Oleh Norhasanah
  • 26 September 2020 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara Windu Subagio merasa senang karena rumput liar di Sukamara Ranch bisa dimanfaatkan sebagai pakan, mengingat selama ini hamparan rumput tersebut belum termanfaatkan dengan optimal.

"Kita merasa senang dan gembira karena sapi-sapinya itu mau memakan rumput yang ada di padang seperti savana," kata Windu Subagio, Sabtu, 26 September 2020.

"Singkatnya, siapa yang gak senang, rumput yang tadinya belum termanfaatkan optimal, sekarang bisa jadi daging," tambahnya.

Kawasan peternakan sapi yang dikelola pihak Sukamara Ranch mencakup Desa Sungai Tabuk, Desa Sungai Damar dan Desa Cabang Barat di Kecamatan Pantai Lunci memang memiliki hamparan rumput yang luas. 

Meskipun sapi-sapi tersebut mau mengonsunsi rumput liar yang tumbuh di area peternakan, dengan kebutuhan pakan ternak yang cukup besar, sehingga bisa menjadi peluang masyarakat sebagai penyedia pakan.

"Jadi masyarakat bisa mempunyai kesempatan untuk menjadi petani singkong dan hasilnya bisa dijual kepada peternakan, karena untuk pakannya ini bisa membutuhkan ratusan ton setiap bulannya," ungkap Windu.

Pengembangan peternakan oleh Sukamara Ranch hingga akhir tahun 2020 akan dilepas lepas 3000 ekor sapi dari targer 20.000 ekor di lahan seluas 20 hektare yang berada di Desa Sungai Tabuk, Sungai Cabang Barat dan Sungai Damar. Saat ini sapi yang sudah didrop sebanyak 500 ekor.

Keberadaan Sukamara Ranch juga untuk mendukung program Pemerintah Pusat, Food Estate. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru