Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadin Palangka Raya Siap Bantu Pemerintah Tangani Tengkulak Nakal

  • Oleh Hendri
  • 22 November 2020 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Palangka Raya, Farchan Slamet mengaku siap membantu pemerintah setempat mengatasi lonjakan harga barang yang diduga akibat ulah tengkulak nakal jelang akhir tahun ini.

"Dalam dunia usaha atau bisnis, tengkulak atau pengepul sangat dibutuhkan. Yang tidak boleh adalah tengkulak yang nakal dalam menekan harga ataupun menaikan harga semaunya. Di sini peran kami untuk mendata dan membantu pemerintah menekan lonjakan harga khususnya barang subsidi seperti gula dan gas," katanya.

Farchan menambahkan, bahwa untuk menghindari tengkulak yang nakal secara hukum bukan wewenang Kadin. Meski begitu, pihaknya bisa mendampingi termasuk mendata pengusaha hingga UKM.

Ketika ada kecurangan itu, pihaknya juga biasanya diundang untuk diskusi dengan Pemerintah Kota Palangka Raya dalam menyelesaikan masalah tersebut. Tujuannya untuk menghindari tengkulak yang kurang baik dan kurang bijak.

“Saya kira itulah yang perlu dihindari. Tidak ada salahnya kita ajak dan kita dekati atas nama Kadin untuk bersama-sama bergabung agar tidak terjadi yang namanya monopoli harga,” tuturnya.

Menurutnya, tengkulak itu sangat dibutuhkan dalam dunia usaha. Namun, yang tidak bagus adalah tengkulak yang tidak jujur. “Kami akan mencari tengkulak yang bisa mendampingi tempat produksinya maupun harga jualnya itu yang bagus," tutupnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru