Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pekarangan Pangan Lestari Solusi Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

  • Oleh Jurnalis Warga
  • 19 Desember 2020 - 05:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM)  Universitas Muhammadiyah Malang Gelombang 14 Kelompok 20 pada Kamis ,17 Desember 2020, melakukan Pelatihan P2L di RT.32 RW.02, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah. 

Rumah Ny Sukarmi menjadi tempat pelatihan tersebut. P2L merupakan kegiatan yang memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan untuk bercocock tanam komoditas tanaman pangan. Hasil dari kegiatan ini bisa sebagai bahan untuk dikonsumsi sendiri  atau bisa dijual belikan. Pandemi covid-19 membuat banyak orang menjadi kehilangan pekerjaan dan susahnya mencari pekerjaan.

Sehingga kegiatan ini dinilai membantu untuk asupan makanan dan tambahan penghasilan. Sasaran dari kegiatan ini merupakan para ibu rumah tangga yang berkegiatan lebih banyak di rumah dan menyalurkan hobi dengan bercocok tanam melalui kegiatan tersebut.

Pelatihan ini mengedukasi para ibu dalam pengolahan tanah, penyemaian bibit, hingga perawatan tanaman yang benar.
 
Mahasiswa memilih melakukan PMM di Seruyan dengan alasan ingin mengembangkan daerah. Di sana masih minim kegiatan pertanian yang dilaksanakan oleh para wanita. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk para ibu rumah tangga. Diharapkan setelah pelatihan tersebut dilaksanakan, P2L terus berkembang dan memotivasi ibu rumah tangga lainnya.

Sejumlah ibu rumah tangga yang ikut dalam pelatihan tersebut mengaku senang. "Karena kami dapat ilmu dan pengalaman baru. Setelah panen nanti juga hasil tanam ini tentu bermanfaat bagi kami," cetus seorang ibu. (*)

Penulis: Risda Suwandi/Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
Program Pendidikan Sarjana (S1) Program Studi Agribisnis

 

Berita Terbaru