Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selain Asupan Gizi, Insfeksi Bisa Picu Stunting

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 Januari 2021 - 17:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ternyata kasus stunting tidak selalu dipicu oleh asupan gizi seimbang yang kurang, namun bisa juga karena infeksi.

Ketua Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Kalteng, Khendra Kusfriyadi membenarkan hal ini. Ia mengatakan secara teoritis anak dengan gizi buruk bisa terjadi karena konsumsi makanan yang tidak kuat atau bisa juga karena infeksi. 

Ia menegaskan 2 faktor ini yang secara langsung dapat mengakibatkan kekurangan gizi yang berakhir pada stunting dan wasting pada anak. 

“Anak yang mengalami asupan gizi yang tidak cukup mudah sakit. Karena sakit nafsu makan akan berkurang dan imunitasnya turun,” ucapnya.

Begitu juga dengan anak yang sering terkena inveksi, seperti diare maupun cacingan mnyebabkan asupan makanannya turun dan kualitas gizinya jelek. 

Khendra menjelaskan untuk pengaruh tidak langsung terhadap kualitas gizi adalah pola asuh dan lingkungan, baik pola asuh gizi maupun pola asuh kesehatan buruk akan membuat anak mengalami status gizi yang rendah. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru