Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tips Aman Bersepeda kala Pandemi Covid-19

  • Oleh Teras.id
  • 07 Februari 2021 - 23:00 WIB

TEMPO.COJakarta - Bersepeda termasuk olahraga yang semakin meningkat popularitasnya di masa pandemi Covid-19. Namun, seiring meningkatnya minat bersepeda, hal ini perlu diimbangi dengan peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan keselamatan jalan.

Berikut beberapa tips aman bersepeda. Pertama, periksa kelengkapan sepeda. Periksa kondisi fisik sepeda sebelum memulai berkendara. Pastikan seluruh bagian sepeda seperti rem, ban, dan rantai sepeda berada dalam kondisi yang prima untuk menghindari insiden tak terduga.

Kedua, ikuti protokol kesehatan COVID-19. Sesuai dengan arahan pemerintah, #pakaimasker pernapasan sangat dianjurkan pada saat berkegiatan olah raga, di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Nexcare Carbon Mask dari 3M merupakan salah satu pilihan yang baik digunakan pengendara sepeda di luar ruangan. Masker ini dilengkapi dengan filter karbon aktif yang akan melindungi pengguna dari partikel besar, debu, dan bau tak sedap dari emisi gas buang kendaraan bermotor. Pastikan juga untuk tetap #jagajarak aman dari orang lain dan jangan lupa untuk membawa botol kecil hand sanitizer.

Ketiga, gunakan pakaian yang nyaman. Perubahan cuaca tidak mudah diprediksi. Tambahan lapisan pakaian merupakan salah satu cara yang baik untuk menurunkan atau meningkatkan suhu tubuh dengan cepat. Selain pakaian yang nyaman, perlu memilih pakaian olahraga yang dapat membuat tetap aman. Apalagi jika bersepeda di malam hari dalam kondisi yang minim cahaya, sangat disarankan untuk dapat tetap terlihat oleh pengguna jalan lain. Salah satu pilihan lainnya yakni memakai pakaian atau sepatu yang memiliki bahan reflektif.

Berikutnya adalah utamakan keselamatan. Jangan lupa untuk mengenakan helm pelindung kepala, sarung tangan untuk melindungi tangan dan pegangan, serta bantalan siku dan lutut. Penting juga untuk mempelajari dan mematuhi rambu dan peraturan lalu lintas saat berada di jalan raya.

Penting untuk selalu membawa beberapa bentuk identitas diri pada saat bepergian. Apalagi jika memiliki kondisi medis atau alergi khusus. Simpan KTP dan sejumlah uang tunai atau kartu bank di tas dengan aman yang dapat dijangkau dengan mudah tanpa perlu mengeluarkan kartu dari dompet setiap kali bersepeda.

Terakhir, pertahakan energi dan tetap terhidrasi. Alih-alih mengandalkan kedai makanan atau kafe, ada baiknya mempersiapkan sesuatu untuk dimakan jika lapar. Bawalah cemilan energy bar dan sebotol air untuk menjaga energi dan tetap terhidrasi.

"Bersepeda adalah cara yang baik untuk tetap bugar dan sehat. Namun, Anda harus selalu memastikan untuk melakukannya dengan aman dan semua pengguna jalan harus menghormati satu sama lain," kata Senior Brand & Communications PT 3M Indonesia, Melati Kusumawardani.

TERAS.ID

Berita Terbaru