Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Rutan Kuala Kapuas Manfaatkan Lahan Kosong untuk Ditanami Sayuran

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 Maret 2021 - 13:31 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas memiliki Iahan, tepat di depan halaman. Lahan ini tidak dibiarkan kosong begitu saja. Mereka memanfaatkannya untuk ditanami sayuran.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, Julianoor meninjau langsung kegiatan pemeliharaan rumput yang dilakukan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Meski memiliki Iahan yang tidak begitu luas, hal tersebut tetap berhasil dimanfaatkan menjadi kebun sayur yang baik dan terawat dalam program pembinaan kemandirian kepada WBP.

"Jenis sayur yang ditanam sawi dan kangkung, bersama WBP membersihkan rumput di sekitar tanaman agar pertumbuhan sayuran dapat maksimal dan tidak ada hama," kata Julianoor, Minggu 7 Maret 2021.

Luas Iahan yang dimanfaatkan tersebut berukuran kurang lebih 4 x 40 meter, untuk usia sawi dan kangkung sudah sekitar 2 minggu, usia 1 bulan nanti akan siap dipanen.

”Sebelum ditanami, tanah terlebih dahulu ditaburi kapur, gunanya untuk mensterilkan tanah yang asam, kemudian dilakukan pembibitan, lanjut ditaburi pupuk urea dan terakhir diberi pupuk phonska," ucapnya.

Dia menyampaikan kegiatan ini merupakan kemandirian yang baik bagi WBP untuk dapat mengasah kemampuan dalam berkebun, sehingga ketika bebas dari Rutan Kuala Kapuas nanti dapat berbaur dengan masyarakat Iainnya.

"Kegiatan ini akan terus berjalan dan dikembangkan, nantinya bukan hanya sayur sawi dan kangkung saja yang akan ditanam," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru