Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Pelosok Kotim Jangan Dikecewakan

  • Oleh Naco
  • 24 Maret 2021 - 18:51 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Juliansyah mengungkapkan, saat masa reses dan musrenbang lalu, banyak kepala desa (Kades) mengaku  kecewa. 

Itu menurut sekretaris Komisi II DPRD Kotawaringin Timur dikarenakan program pemerintah untuk desa di pelosok semakin minim.

Maka dari itu dia berharap di masa kepemimpinan Halikinnor-Irawati ini lebih banyak porsi pembangunan di daerah pelosok.

Menurut Juliansyah, salah satu hal yang menarik dari kegiatan kunjungan ke pelosok, adalah banyak kades yang protes. 

Apalagi dalam kegiatan musrenbang mereka mulai apatis, karena setiap tahun anggaran mulai jarang memerhatikan desa.

Diakui Juliansyah, persoalan itu memang jadi keluhan di pedalaman. Meski ada dana desa dan alokasi dana desa yang jumlahnya miliaran, namun dana itu hanya untuk menutupi kegiatan di desa yang sifatnya pekerjaan ringan, dan lokasinya di dalam desa itu sendiri.

“Walau ada dana desa, tetapi selain dana itu terbatas, karena dalam penggunaannya sudah diatur juga  belanja dan daerahnya . Makanya dalam Musrenbang   mereka protes kenapa daerah pedalaman makin minim  dukungan program pemerintah,” katanya, Rabu, 24 Maret 2021.

Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Kotim itu menegaskan pemerintah tidak bisa lepas begitu saja dengan desa. Meski sudah ada keuangan desa. 

Menurutnya ada hal - hal yang harus dikerjakan oleh pemerintah kabupaten, ada pula yang porsinya pemerintah desa, sehingga kesimpulannya meski ada dana desa bukan berarti program pemerintah masuk ke desa itu terhenti juga. (NACO/B-6)

Berita Terbaru